World Class University
Program Archive

Internasional Visiting Scholar 2017 Batch 1

A. Latar Belakang

Sesuai Kebijakan Umum UGM tahun 2012-2037, UGM telah menetapkan misi untuk menjadi pemimpin perguruan tinggi yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan yang dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila. Misi tersebut diharapkan dapat tercapai pada fase kepemimpinan tahun 2032-2037.

Pemeringkatan perguruan tinggi, misalnya melalui QS World University Ranking, THE (Times Higher Education) University Ranking, dan/ atau metode pemeringkatan yang lain menjadi salah satu alat ukur untuk perbaikan berbagai proses yang berjalan di dalam UGM. Dengan demikian, peningkatan reputasi UGM melalui pemeringkatan universitas di dunia tersebut secara tidak langsung bersesuaian dengan misi yang telah ditetapkan UGM untuk memimpin dan menjadi pelopor perguruan tinggi. Dengan kata lain, peningkatan reputasi UGM di dunia internasional juga merupakan indikator yang penting dalam pencapaian misi UGM.

Salah satu upaya mendukung internasionalisasi di UGM adalah dengan meningkatkan visibility UGM di dunia internasional yang ditandai dengan jumlah ahli/profesor asing yang turut menjadi bagian proses akademik di UGM, jumlah mahasiswa asing yang memilih menempuh pendidikannya di UGM, dan yang tidak kalah penting adalah kontribusi UGM dalam pengembangan pengetahuan dunia. Untuk mencapai kondisi tersebut, pengembangan atmosfer akademik yang berstandar internasional dan mendorong peningkatan produktivitas untuk berbagai bidang keilmuan unggulan perlu dilakukan.

Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan memfasilitasi Program Studi, Departemen, Fakultas, Sekolah, Pusat Studi, dan unit kerja lain yang relevan di lingkungan UGM untung mendatangkan international scholars dalam rangka kegiatan akademik seperti menjadi pembicara utama pada konferensi sekaligus melakukan penelitian dan publikasi bersama, menyelenggarakan workshop bersama, menjadi dosen tamu, menjadi penasihat ahli untuk pengembangan pusat riset, laboratorium dan pengembangan kualitas akademik, serta mendampingi publikasi dosen dan mahasiswa.

Keberadaan para profesor/ pakar/ profesional/ peneliti asing di UGM tersebut diharapkan berpengaruh signifikan terhadap indikator pemeringkatan QS, THE, atau pemeringkatan lainnya terutama yang terkait dengan jumlah dosen asing (international faculty members), sitasi (citation per faculty dan citation per paper), serta reputasi akademik UGM secara umum.

Berdasarkan hasil diskusi diatas, maka dikembangkan kerjasama dalam skema: Peningkatan Reputasi Akademik Universitas Gadjah Mada Melalui Program International Visiting Scholars Tahun 2017 untuk dimanfaatkan oleh Program Studi, Departemen, Fakultas, Sekolah, Pusat Studi, dan unit kerja lain yang relevan di lingkungan UGM.

Kerjasama akademik ini merupakan salah satu upaya yang dirintis UGM untuk meningkatkan reputasi dan kontribusi UGM menuju World Class University, melalui pemanfaatan profesor/ pakar/ profesional/ peneliti asing yang datang dan terlibat dalam aktivitas Tridharma di UGM.

B. Tujuan

Tujuan program Peningkatan Reputasi Akademik Universitas Gadjah Mada Melalui Program International Visiting Scholars Tahun 2017 adalah:

  1. Meningkatkan jumlah dosen asing/ internasional, publikasi internasional dan sitasi, serta reputasi akademik UGM.
  2. Memberikan insentif/ hibah untuk pengembangan Departemen/Fakultas di lingkungan UGM, untuk mendatangkan profesor/ pakar/ profesional/ peneliti asing.
  3. Mendorong pengembangan riset dan kerjasama di Departemen/ Fakultas/ Sekolah, dengan melibatkan profesor dan peneliti asing.

C. Luaran dan Dampak yang Diharapkan

Luaran dan dampak yang diharapkan dari program ini adalah:

  1. Peningkatan jumlah dosen / peneliti asing yang datang/ bertugas di Departemen/ Fakultas/ Sekolah untuk satu atau lebih aktivitas berikut:
    • melakukan penelitian bersama (joint research) dan publikasi bersama (joint publication),
    • menjadi dosen tamu,
    • menjadi penasihat ahli untuk pengembangan kualitas akademik seperti melakukan pengembangan kurikulum, metode pembelajaran, evaluasi hasil pembelajaran, penjaminan mutu, dan peningkatan akreditasi internasional.
    • Menjadi penasihat ahli untuk pengembangan pusat riset atau laboratorium riset.
    • mendampingi persiapan publikasi dosen dan mahasiswa, termasuk joint supervision, persiapan manuskrip dan publikasi, serta narasumber dalam penelitian dan publikasi,
    • mengembangkan skema joint research/ publication, joint/ double degree,
    • melaksanakan program lain sesuai kebutuhan Departemen/ Fakultas/ Sekolah untuk perbaikan proses organisasi dan peningkatan reputasi akademik.
  2. Menghasilkan publikasi yang telah dikirimkan (submitted) pada jurnal internasional yang memiliki faktor dampak atau yang terindeks pada database utama seperti Scopus dan Thomson Reuters.
  3. Menghasilkan draft pengembangan manual/ SOP laboratorium, materi workshop, dan atau proposal joint research.
  4. Menghasilkan draft dokumen pengembangan program joint/ double degree, pengembangan kurikulum, dan metode pembelajaran.
  5. Menghasilkan laporan pelaksanaan kegiatan konferensi internasional, workshop atau guest lecture yang dilengkapi dengan materi / tutorial.

D. Indikator Keberhasilan dalam Hibah

  • Tercapainya jumlah visiting scholars di UGM sesuai dengan target kegiatan yang sudah ditentukan oleh Departemen/ Fakultas/ Sekolah yang menjadi host.
  • Terkirimnya (submitted) publikasi di jurnal internasional bereputasi yang memiliki faktor dampak atau yang terindeks pada basis data utama (Scopus, Thomson Reuters) sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh Departemen/ Fakultas yang menjadi host di awal kegiatan.
  • Terselenggarakannya konferensi internasional atau workshop dengan pembicara pakar pada bidangnya

E. Mekanisme dan Rancangan Kegiatan

  1. Menawarkan hibah visiting scholars kepada Departemen, Fakultas, Sekolah, Pusat Studi, dan unit kerja lain.
  2. Departemen/ Fakultas, Sekolah, Pusat Studi, dan unit kerja lain mengajukan proposal sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.
  3. Mengidentifikasi Departemen/ Fakultas yang siap untuk melakukan kegiatan yang diusulkan melalui desk evaluation dan presentasi.
  4. Menetapkan host dan visiting scholars asing yang terpilih.
  5. Memfasilitasi kedatangan dan keberadaan visiting scholars asing di UGM.
  6. Melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja kegiatan.

F. Jenis Kegiatan

  1. Menjadi dosen tamu (guest lecturer) atau peneliti tamu (visiting scientist).
  2. Fine tuning (perbaikan kualitas) artikel joint publication untuk diterbitkan pada jurnal internasional bereputasi.
  3. Melaksanakan joint supervision, membantu analisis data bagi mahasiswa atau external examiner bagi mahasiswa S3 UGM.
  4. Mengembangkan program double degree, termasuk pemantapan dan pengembangan dan penguatan kurikulum, mekanisme transfer kredit dan sejenisnya.
  5. Pembinaan pada jurnal nasional agar menjadi jurnal internasional atau menjadi peer reviewer untuk jurnal internasional di lingkungan UGM.
  6. Membuat proposal riset bersama untuk memperoleh dana penelitian / pengembangan program pendidikan yang akan diajukan ke pemerintah masing-masing atau ke penyandang dana internasional.
  7. Penelitian bersama dengan dosen/peneliti di lingkungan UGM.
  8. Sebagai pembicara utama pada pertemuan-pertemuan ilmiah/ konferensi internasional yang dilaksanakan di UGM.

G. Kriteria Pengajuan Proposal

Host

Dalam hibah ini, host adalah Departemen/Fakultas, Sekolah, Pusat Studi, dan unit kerja lain di UGM. Host harus memiliki program riset yang sedang berjalan, fasilitas riset, serta ruang kerja untuk visiting scholars.

Visiting Scholars Asing

Dalam hibah ini, visiting scholars adalah:

  1. Warga negara asing yang bergelar Doktor/ Ph.D., diutamakan berasal dari institusi yang telah menjadi mitra UGM dan institusi bereputasi tinggi berdasarkan pemeringkatan QS/ THE/ Shanghai Jiao Tong.
  2. Kandidat visiting scholars asing memiliki track record publikasi internasional yang memadai, ditentukan melalui h-index Scopus minimal 3 (tiga).

Jenjang Waktu

Jenjang waktu pelaksanaan program minimal 1 minggu dan maksimal 3 bulan, paling lambat berakhir pada akhir bulan Oktober 2017.

Jumlah dan Besaran Hibah

Hibah akan diberikan kepada host terpilih dengan masing-masing 1 (satu) paket, yang akan digunakan untuk pengeluaran berikut:

  1. Tiket pesawat kelas ekonomi PP dari institusi asal untuk 1 (satu) visiting scholars ke UGM (at cost).
  2. Biaya pengurusan visa (at cost).
  3. Pembiayaan akomodasi maksimal Rp300.000,00 per hari (at cost, selama masa pelaksanaan kegiatan). Direkomendasikan untuk menggunakan tempat sebagai berikut: (a) Wisma MM UGM, (b) UC Hotel UGM, (c) Gama Residence. Pembiayaan akomodasi tidak diperkenankan untuk pembayaran fasilitas milik unit pelaksana atau fasilitas milik perorangan di unit pelaksana. Pembiayaan hotel di luar rekomendasi dimungkinkan tetapi dengan subsidi maksimal Rp300.000,00 per hari (selama masa pelaksanaan kegiatan).
  4. Uang saku harian sebesar USD10 per hari ditambah Rp100.000,00 (Netto) selama masa pelaksanaan kegiatan.
  5. Settlement, transportasi lokal, pembiayaan untuk workshop, dan sebagainya (apabila dipandang perlu ada program workshop dsb. yang relevan termasuk hospitality) disediakan oleh Departemen/Fakultas, Sekolah, Pusat Studi, dan unit kerja lain.

Proses Seleksi

Seleksi calon host dan visiting scholars dilaksanakan oleh reviewer.

H. Komponen Formulir Aplikasi Proposal

Departemen/Fakultas, Sekolah, Pusat Studi, dan unit kerja lain dapat mendaftar program International Visiting Scholars dengan mengirimkan:

  1. Formulir Aplikasi untuk Host
  2. Proposal Penyelenggaraan kegiatan dengan format:
    • Judul
    • Latar Belakang
    • Tujuan
    • Luaran yang diharapkan(LO)
    • Mekanisme Pemilihan Visiting Scholar dan pertimbangan pemilihannya
    • Proposed Academic Activities yang akan dijalankan oleh Visiting Scholar Jadwal/ Detail Penyelenggaraan

I. Jadwal Pelaksanaan

Tanggal Uraian Kegiatan
3 Mei 2017
Pengumuman Hibah International Visiting Scholars Batch 2
15 Mei 2017
Pengisian Form dan Pengumpulan Form
16 Mei 2017
Proses Seleksi Proposal Tahap I (Desk Evaluation)
17 Mei 2017
Pengumuman Hasil Seleksi Proposal Tahap I, Undangan Presentasi & Materi Revisi
19 Mei 2017
Proses Seleksi Proposal Tahap II (Presentasi Proposal)
24 Mei 2017
Pengumuman Penerima Hibah
25 Mei 2017
Pengumpulan Revisi Proposal dan Kelengkapan Formulir Kandidat
26 Mei 2017
Penandatanganan Kontrak dan Pencairan Dana 90%
1 Juni – 31 Oktober 2017
Penyelenggaraan Program dan Monitoring Evaluasi
31 Oktober 2017
Penyerahan Laporan Akhir dan Pencairan Dana 10%
1 November 2017
Presentasi Laporan Akhir Hibah

J. Pembiayaan

No Komponen Volume Biaya Satuan (Rp) Jumlah Biaya (Rp)
1
Tiket pesawat kelas ekonomi PP (diutamakan untuk pembicara pada konferensi internasional yang direkomendasikan oleh BPP UGM)
1 tiket PP
At cost
At cost
2
Akomodasi : Standard Room
Maks 92 hari
300.000
Maksimal 27.600.000
3
Uang harian (Lump sum): · USD10 (Kurs USD1 = Rp13.500,00) · Rp100.000,00
Maks 92 hari Maks 92 hari
135.000 100.000
Maksimal 12.420.000 Maksimal 9.200.000

K. Downloadable Docs