World Class University
Tentang Kami

PENINGKATAN REPUTASI UGM MENUJU WORLD CLASS UNIVERSITY

Pemeringkatan Perguruan Tinggi secara internasional merupakan salah satu bentuk pengakuan dunia internasional atas kualitas penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dampak dari pengakuan internasional adalah peningkatan reputasi dan peran Perguruan Tinggi dalam pengembangan IPTEKS.

Namun demikian, UGM memandang pemeringkatan Perguruan Tinggi secara esensiil sebagai cerminan dari proses atas kualitas penyelenggaraan Tri Dharma di UGM. Cerminan tersebut diharapkan menjadi referensi terpercaya untuk melakukan berbagai perbaikan proses dan kebijakan untuk meningkatkan kualitas UGM.

UGM menggunakan acuan pencapaian reputasi Perguruan Tinggi top dunia sesuai kriteria dalam QS World University Ranking (QS WUR) dan THE (Times Higher Education) World University Ranking (THE WUR). Disamping QS WUR dan THE WUR. Sebagai komitmen UGM terhadap pencapaian United Nations’ Sustainable Development Goals (SDGs) dan orientasi UGM untu berkontribusi kepada masyarakat luas, UGM juga berpartisipasi pada pemeringkatan dunia dalam kategori THE University Impact Rankings. Pemeringkatan tersebut berupaya untuk memotret pengaruh universitas terhadap masyarakat, berdasarkan keberhasilan universitas dalam melaksanakan United Nations’ SDGs. UGM meyakini telah berkontribusi aktif dalam mencapai SDGs dan dapat menunjukkan peran serta tersebut melalui data yang terukur. Bukti nyata prestasi dan kepemimpinan baik UGM di masyarakat dalam pencapaian SDGs diharapkan dapat mendorong UGM untuk meningkatkan kontribusi UGM di masyarkat.

Pada tahun 2015, UGM membentuk Tim Peningkatan Reputasi UGM Menuju World Class University untuk menangani berbagai program peningkatan reputasi. Selain itu, UGM juga terus memperkuat jaringan dan kemitraan di tingkat internasional dan nasional untuk meningkatkan reputasi UGM. Secara intensif UGM juga mendorong civitas akademikanya untuk menghasilkan karya-karya ilmiah yang memiliki reputasi internasional.