World Class University
Program Archive

Internasional Visiting Scholar SES 2017 Batch 2

Peningkatan Reputasi Akademik Universitas Gadjah Mada Melalui Program Mendatangkan Profesor Dan Peneliti Asing Bermitra Dengan Senior Experten Services (Jerman)
Batch-2

A. LATAR BELAKANG

Sesuai Kebijakan Umum UGM tahun 2012-2037, UGM telah menetapkan misi untuk menjadi pemimpin perguruan tinggi yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan yang dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila. Misi tersebut diharapkan dapat tercapai pada fase kepemimpinan tahun 2032-2037.

Pemeringkatan perguruan tinggi, misalnya melalui QS World University Ranking, THE (Times Higher Education) University Ranking, dan/ atau metode pemeringkatan yang lain menjadi salah satu alat ukur untuk perbaikan berbagai proses yang berjalan di dalam UGM. Dengan demikian, peningkatan reputasi UGM melalui pemeringkatan universitas di dunia tersebut secara tidak langsung bersesuaian dengan misi yang telah ditetapkan UGM untuk memimpin dan menjadi pelopor perguruan tinggi. Dengan kata lain, peningkatan reputasi UGM di dunia internasional juga merupakan indikator yang penting dalam pencapaian misi UGM.

Salah satu upaya mendukung internasionalisasi di UGM adalah dengan meningkatkan visibility UGM di dunia internasional yang ditandai dengan jumlah ahli/profesor asing yang turut menjadi bagian proses akademik di UGM, jumlah mahasiswa asing yang memilih menempuh pendidikannya di UGM, dan yang tidak kalah penting adalah kontribusi UGM dalam pengembangan pengetahuan dunia. Untuk mencapai kondisi tersebut, pengembangan atmosfer akademik yang berstandar internasional dan mendorong peningkatan produktivitas untuk berbagai bidang keilmuan unggulan perlu dilakukan.

Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan memfasilitasi Program Studi, Departemen, Fakultas, Sekolah, Pusat Studi, dan unit kerja lain yang relevan di lingkungan UGM untung mendatangkan international scholars dalam rangka kegiatan akademik seperti menjadi pembicara utama pada konferensi sekaligus melakukan penelitian dan publikasi bersama, menyelenggarakan workshop bersama, menjadi dosen tamu, menjadi penasihat ahli untuk pengembangan pusat riset, laboratorium dan pengembangan kualitas akademik, serta mendampingi publikasi dosen dan mahasiswa.

Keberadaan para profesor/ pakar/ profesional/ peneliti asing di UGM tersebut diharapkan berpengaruh signifikan terhadap indikator pemeringkatan QS, THE, atau pemeringkatan lainnya terutama yang terkait dengan jumlah dosen asing (international faculty members), sitasi (citation per faculty dan citation per paper), serta reputasi akademik UGM secara umum.

Berdasarkan hasil diskusi diatas, maka dikembangkan kerjasama dalam skema: Peningkatan Reputasi Akademik Universitas Gadjah Mada Melalui Program International Visiting Scholars Tahun 2017 untuk dimanfaatkan oleh Program Studi, Departemen, Fakultas, Sekolah, Pusat Studi, dan unit kerja lain yang relevan di lingkungan UGM.

Kerjasama akademik ini merupakan salah satu upaya yang dirintis UGM untuk meningkatkan reputasi dan kontribusi UGM menuju World Class University, melalui pemanfaatan profesor/ pakar/ profesional/ peneliti asing yang datang dan terlibat dalam aktivitas Tridharma di UGM.

B. TUJUAN

Tujuan program Peningkatan Reputasi Akademik Universitas Gadjah Mada Melalui Program Mendatangkan Profesor dan Peneliti Asing Bermitra dengan Senior Experten Services (Jerman) adalah:

  1. Meningkatkan jumlah dosen asing/ internasional, publikasi internasional dan sitasi, serta reputasi akademik UGM.
  2. Memberikan insentif/hibah untuk pengembangan Departemen-departemen, Fakultas, Direktorat, Pusat, Pusat Studi, dan unit lain yang relevan di lingkungan UGM, dengan undangan untuk mendatangkan profesor/ pakar/ profesional/ peneliti asing bermitra dengan Senior Experten Services (Jerman).
  3. Mendorong pengembangan riset di Departemen-departemen, Fakultas, Direktorat, Pusat, Pusat Studi, dan unit lain, melalui undangan untuk mendatangkan profesor dan peneliti asing bermitra dengan Senior Experten Services (Jerman).

C. LUARAN DAN DAMPAK YANG DIHARAPKAN

Luaran dan dampak yang diharapkan dari program ini adalah:

  1. Peningkatan jumlah dosen yang datang/ bertugas di Departemen/ Fakultas/ Direktorat/ Pusat/ Pusat Studi, dsb. untuk:
    • melakukan penelitian dan publikasi bersama ,
    • menjadi dosen tamu,
    • menjadi penasihat ahli untuk pengembangan kualitas akademik seperti melakukan pengembangan kurikulum, metode pembelajaran, evaluasi hasil pembelajaran, penjaminan mutu, akreditasi internasional, dsb.,
    • mendampingi publikasi dosen dan mahasiswa, termasuk reviewer manuskrip/ membuat publikasi/ narasumber penelitian dan publikasi,
    • mengembangkan skema-skema joint research/ publication, joint/ double degree,
    • program lain sesuai kebutuhan Departemen/ Fakultas/ Direktorat/ Pusat/ Pusat Studi untuk perbaikan proses organisasi dan peningkatan reputasi akademik .
  1. Peningkatan reputasi bidang-bidang unggulan di UGM melalui Internasionalisasi Akademik.
  2. Peningkatan jumlah publikasi internasional terindeks dan peningkatan sitasi karya-karya UGM.

D. INDIKATOR KEBERHASILAN DALAM HIBAH

  1. Peningkatan jumlah artikel ilmiah yang ditulis bersama atau yang disitas
  2. Peningkatan reputasi akademik UGM dan jumlah dosen asing di UGM.

E. MEKANISME DAN RANCANGAN KEGIATAN

  1. Departemen/ Fakultas/ Direktorat/ Pusat/ Pusat Studi serta unit lain memetakan kebutuhan akan kehadiran dosen/ ahli/ profesor asing yang diperlukan untuk pengembangan organisasi dan peningkatan reputasi akademik.
  2. Departemen/ Fakultas/ Direktorat/ Pusat/ Pusat Studi yang telah memiliki mitra di Jerman dapat juga mengundang mitra tersebut dengan sebelumnya telah berkomunikasi dengan mitra yang dimaksud.
  3. Universitas memberikan pemandatan jumlah minimal mobilisasi dosen/ ahli/ profesor asing ke Departemen/ Fakultas melalui Dekan.
  4. Fakultas/ Direktorat/ Pusat/ Pusat Studi mengidentifikasi unit yang siap untuk melakukan kolaborasi internasional termasuk mengidentifikasi kebutuhan spesifikasi pakar atau ahli yang diperlukan.
  5. Fakultas/ Direktorat/ Pusat/ Pusat Studi menulis Letter of Intent (LoI) kepada Rektor untuk dapat difasilitasi, dan LoI harus mencantumkan jumlah tentatif dosen/ ahli/ profesor asing di tahun 2018 yang dimintakan untuk difasilitasi (dapat ditambah selama proses aplikasi dibuka).
  6. Fakultas/ Direktorat/ Pusat/ Pusat Studi Fakultas mengisi format resmi yang telah disediakan oleh SES dan mengirimkan ke Universitas melalui Tim World Class University.
  7. Fakultas/ Direktorat/ Pusat/ Pusat Studi menyediakan counter budget 30% dari yang akan disediakan oleh Universitas – Misal apabila diperlukan untuk mendatangkan minimal 10 ahli, maka Fakultas/ Direktorat/ Pusat Studi harus menyediakan counter budget untuk 3 ahli yang selebihnya akan ditanggung/ difasilitasi melalui pendanaan langsung oleh Universitas melalui BPPTN.
  8. Universitas memfasilitasi kedatangan dan keberadaan visiting scholars asing di UGM, sebagaimana termaktub dalam butir 5. Di samping itu, Universitas membantu kemitraan dengan SES akan berjalan sesuai harapan.
  9. Fakultas/ Direktorat/ Pusat/ Pusat Studi melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja unit dan visiting scholars asing, dikoordinasikan oleh Universitas melalui Tim World Class University.
  10. Fakultas/ Direktorat/ Pusat/ Pusat Studi melaporkan data dan aktivitas yang dilakukan ke Universitas untuk dikembangkan bersama menjadi laporan institusi dan dasar pengembangan program ke depan.

F. TEKNIS

  1. Fasilitas yang Diberikan
    • Oleh SES:
      • Tiket PP Jerman-Indonesia-Jerman, sekitar € 1200;
      • Biaya pengurusan visa, asuransi, dan sebagainya untuk pakar yang akan didatangkan, sekitar € 3,750;
      • Pakar akan bekerja secara sukarela senilai € 800-1500/ hari
    • Oleh Universitas Melalui Dana WCU:
      • Pembiayaan akomodasi maksimal Rp300.000,00 per hari (at cost, selama 3 minggu – 1 bulan). Direkomendasikan untuk menggunakan tempat sebagai berikut: (a) Wisma MM UGM, (b) UC Hotel UGM, (c) Gama Residence. Pembiayaan akomodasi tidak diperkenankan untuk pembayaran fasilitas milik unit pelaksana atau fasilitas milik perorangan di unit pelaksana. Pembiayaan hotel di luar tempat-tempat yang direkomendasikan dengan demikian mendapatkan subsidi sebesar maksimal Rp300.000,00 per hari (selama 3 minggu – 1 bulan).
      • Uang saku harian sesuai yang dipersyaratkan SES yaitu USD 10/ hari ditambah Rp100.000,00 (Netto) selama 3 minggu – 1 bulan
    • Settlement, transportasi lokal, pembiayaan untuk workshop, dan sebagainya (apabila dipandang perlu ada program workshop yang relevan termasuk hospitality) disediakan oleh Fakultas/ Direktorat/ Pusat/ Pusat Studi.
  1. Mekanisme Aplikasi:
    • Fakultas/ Direktorat/ Pusat/ Pusat Studi mengirimkan LoI kepada Rektor, yang mencantumkan jumlah minimal pakar (dapat ditambah dalam proses aplikasi) yang akan diundang, selambatnya tanggal 16 Januari 2017.
    • Fakultas/ Direktorat/ Pusat/ Pusat Studi mengirimkan nama PIC (Person in Charge) yang akan berkoordinasi dengan Tim WCU, bersamaan dengan pengiriman LoI kepada Rektor.
    • Tim WCU dan SES Representatif Indonesia akan mengundang dan berkoordinasi dengan para PIC yang ditunjuk dan PIC mengkoordinasikan pengisian form pada tanggal 18 Januari 2017.
    • Tim WCU dan SES Representatif Indonesia akan menghimpun usulan untuk dikirim ke SES Jerman di akhir bulan Januari 2017.
    • Bersamaan dengan itu, Tim World Class University mempersiapkan dokumen terkait penyediaan fasilitas program Peningkatan Reputasi Akademik Universitas Gadjah Mada Melalui Program Mendatangkan Profesor dan Peneliti Asing Bermitra dengan Senior Experten Services (Jerman) bagi Fakultas/ Direktorat/ Pusat/ Pusat Studi.
    • Ketentuan lebih rinci akan dikembangkan dalam revisi Kerangka Acuan Kegiatan dan dokumen lain yang relevan setelah pertemuan antara para PIC, Tim World Class University, dan SES Representatif Indonesia.

I. JADWAL PELAKSANAAN

Tanggal Uraian Kegiatan
11-16 Januari 2017
Pengiriman LoI oleh Fakultas/ Direktorat/ Pusat/ Pusat Studi dan Pengusulan PIC
17 Januari 2017
Kompilasi LoI dan Pertemuan SES Representatif Indonesia, Tim WCU, PIC Fakultas/ Direktorat/ Pusat/ Pusat Studi
19-30 Januari 2017
Pengisian Form dan Kompilasi Form, Termasuk Workshop Finalisasi Form Bila Diperlukan.
1-10 Februari 2017
Proses Kontrak dan Undangan Pakar (Oleh SES Representatif Indonesia)
10 Februari-30 Oktober 2017
Proses Pelaksanaan Kegiatan, Monitoring, dan Evaluasi
30 Oktober 2017
Pengumpulan Laporan dan Evaluasi Bersama

K. LAMPIRAN