World Class University
Faculty Member Development

FASILITAS EKSPERT INTERNASIONAL

LATAR BELAKANG

Dalam rangka Penguatan Inovasi dan Internasionalisasi Akademik dan juga untuk pengembangan penelitian-penelitian unggulan, UGM menyediakan Bantuan Fasilitas untuk Mengundang Dosen/Expert Internasional untuk melakukan aktivitas Tridharma yang setara dengan 3 SKS dan dosen atau ahli tersebut memiliki Scopus H-index minimal 10 untuk bidang eksakta dan minimal 3 untuk bidang sosial humaniora.

Bantuan ini diberikan kepada Fakultas atau Departemen atau Pusat Studi. Adapun bantuan dan ketentuan yang diberikan mencakup (ketentuan tahun 2019):

  1. Pembiayaan akomodasi maksimal Rp788.000,00 per hari (at cost, selama 1 – 2 minggu). Pembiayaan akomodasi tidak diperkenankan untuk pembayaran fasilitas milik unit pelaksana atau fasilitas milik perorangan di unit pelaksana.

  2. Uang saku harian sebesar USD 10/hari per orang ditambah Rp170.000,00 (brutto) selama 1-2 minggu. (potongan pajak WNA sebesar 20% per hari)

  3. Periode tinggal dosen/expert Internasional yang diundang minimal 1 minggu dan maksimal 2 minggu.

  4. Keluaran yang diharapkan dari program ini adalah: Peningkatan jumlah international faculty members dan proposal joint research untuk periode tahun berikutnya.

APLIKASI

Aplikasi pendaftaran Program Bantuan Fasilitas untuk Mengundang Dosen/Expert Internasional hingga tahun 2021 saat ini BELUM DIBUKA dikarenakan situasi pandemi yang belum mereda dan sesuai dengan Surat Edaran Rektor UGM Nomor 1285/UN1.P/SET-SR/TR/2020 tentang Kewaspadaan Dini Terkait COVID-19 yang salah satu poinnya adalah terkait penundaan perjalanan luar negeri dan menangguhkan acara yang melibatkan tamu-tamu dari luar negeri baik mahasiswa maupun dosen/expert asing hingga situasi aman dari sisi kesehatan.