Newsletter UGM
A. Latar Belakang
Sebagai universitas terbesar di Indonesia yang terdiri atas 18 fakultas dan dua sekolah serta 21 Pusat Studi, Universitas Gadjah Mada memiliki kegiatan tridharma perguruan tinggi yang sangat beragam baik. Aktivitas tersebut telah banyak menghasilkan karya-karya inovatif yang bertaraf nasional bahkan bertaraf global.
Karya-katya besar UGM yang selama ini dihasilkan perlu terdata dengan baik dan dapat diekspose oleh media baik di tingkat nasional maupun global
Namun demikian, UGM sebagai universitas besar, karya-karya inovatif tersebut seringkali tidak dikenal bahkan diinternal UGM sendiri.
Oleh karena itu, perlu strategi yang inovatif dalam rangka menginventarisasi, mereview, meliput dan menginformasikan ke publik seluruh aktivitas / hasil karya UGM ke masyarakat luas, ke mitra, alumni baik dalam maupun luar negeri.
Selain hasil karya civitas akademika UGM, hasil karya dan prestasi alumni UGM daapat terpetakan dan terekspose oleh media.
Newsletter perlu dibangun secara teratur dan terlembagakan di UGM yang embedded dalam satu unit kerja di lingkungan UGM dan secara teratur disampaikan ke publik melalui berbagaimacam media.
Newsletter dapat berperan sebagai alat yang sangat efisien untuk mempromosikan, menginformasikan, dan mengedukasi semua pemangku kepentingan (stakeholders) UGM.
Oleh karena itu, newsletter perlu dikembangkan secara sistematis dan berkelanjutan dalam penerbitan dan penyebarannya. Sebagai alat komunikasi brand equity, newsletter dapat diarahkan untuk meliput berita-berita serta informasi yang relevan dan cutting edge, khususnya untuk menunjukkan sekaligus memperkenalkan kinerja, keunggulan, dan reputasi UGM.
Seiring dengan penerbitan yang sistematis, newsletter UGM akan disebarkan kepada seluruh pemangku kepentingan UGM terutama alumni, mitra, dan industri di seluruh dunia baik melalui e-mail maupun hard copy. Di sisi lain, feedback dari para pemangku kepentingan tersebut akan sangat bermanfaat untuk mengembangkan isi dan packaging newsletter itu sendiri.
B. Tujuan
Menerbitkan Newsletter tentang Berita Terkini UGM yang Memiliki Nilai Jual Tinggi untuk Peningkatan Reputasi Akademik.
Menjalin komunikasi yang lebih erat dengan mitra.
UGM secara berkala menerbitkan newsletter yang berkualitas dan efisien dalam rangka penyampaian berita-berita relevan, terkini, akurat, dapat dipertanggungjawabkan, dan memiliki daya tarik tinggi, tidak hanya di level nasional namun juga di level internasional.
C. Luaran dan Dampak yang Diharapkan
Peningkatan Academic Collaborators dan Employer Recruiter untuk Survei QS dan Pemeringkat Lain yang Kredibel.
Hal tersebut di atas akan tercermin dalam pemeringkatan dan penilaian berbagai institusi kredibel seprti Quacquarelli Symonds (QS), Times Higher Education (THE) World University Ranking, the Academic Ranking of World Universities, dan
Peningkatan Reputasi UGM Melalui Berbagai Media dan Lembaga Pemeringkat yang Kredibel.
Penerbitan newsletter akan menghasilkan pembaharuan informasi serta (seringkali) pelurusan atau konfirmasi informasi yang dapat meningkatkan reputasi serta kerja sama dengan mitra-mitra UGM, baik di dunia akademik maupun industri.
D. Indikator Keberhasilan dalam Hibah
Reputasi Akademik, Reputasi Alumni.
Brand equity dan peringkat UGM yang meningkat dalam ranking yang dikeluarkan oleh lembaga pemeringkat kredibel dan juga institusi perekrut.
Reputasi lulusan (alumni) UGM juga meningkat, dilihat dari institusi dan organisasi yang merekrut para lulusan tersebut.
E. Rincian Kegiatan dan Anggaran
Anggaran: Rp.150.000.000
Alokasi anggaran:
Inventarisasi berita / aktivitas di Departemen/ Prodi/ Fakultas/ Pusat Studi yang memiliki daya ungkit besar dalam peningkatan reputasi UGM
Penyusunan newsletter (redaksi, penterjemaahan, proofread, penerbitan)
Identifikasi majalah-majalah
Pengiriman ke media nasional maupun asing
F. Jadwal Pelaksanaan
Newsletter diterbitkan dan dikirimkan secara sistematis tiap bulan. Untuk tahun 2016 diagendakan untuk terbit dari April hingga Desember 2016.