Promosi Pendidikan
A. Latar Belakang
Kegiatan Penguatan Promosi Pendidikan ini dilatarbelakangi oleh:
Perlunya penguatan promosi pendidikan UGM yang terintegrasi sebagai “Flag Ship” Indonesia, bekerjasama dengan Direktorat Kelembagaan, Kemenristek Dikti.
Perlunya peningkatan reputasi UGM menuju World Class University melalui strategi-strategi promosi pendidikan yang efektif.
Jaringan alumni UGM yang tersebar di berbagai negara mempunyai potensi yang kuat untuk menjadi bagian penguatan promosi pendidikan UGM.
B. Tujuan dan Sasaran
Tujuan dari program ini adalah:
Mengidentifikasikan dan mengembangkan strategi dan kegiatan promosi pendidikan UGM yang terintegrasi dengan agenda pertemuan alumni dan mitra untuk peningkatan reputasi UGM menuju WCU.
Menyiapkan dan mengikuti promosi pendidikan di luar negeri, bekerjasama dengan Direktorat Kelembagaan, Kemenristek Dikti. Promosi tersebut ditangani bersama oleh DPP dan DKAUI.
Menguatkan komunikasi dan kolaborasi yang baik dengan jaringan alumni dan mitra di berbagai negara dalam rangka penguatan promosi pendidikan.
Sasaran dibagi menjadi dua yaitu: sasaran negara dan sasaran program, yaitu sebagai berikut:
Sasaran Negara
Timur Tengah, antara lain Qatar University, Abu Dhabi University, University of Dubai, King Fahd University of Petroleum and Mineral, King Saud University, dan King Abdul Aziz University.
ASEAN, antara lain universitas yang tergabung dalam AUN (Asean University Network).
Eropa, antara lain University Madrid, Universitat Politecnica de Madrid, University of Barcelona, Universitat Politecnica de Barcelona.
Sasaran Program
Produk Pendidikan, antara lain program International Undergraduate Programme yang ada di FEB/FH/FK/MIPA/ISIPOL.
Summer Course
Double Degree, yang terselenggara berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 61/Dikti/Kep/2000 tentang Petunjuk Pelaksanaan Kerjasama Perguruan Tinggi di Indonesia dengan Perguruan Tinggi/Lembaga Lain di Luar Negeri, yang saat ini ada:
Jumlah Program Kerja Sama Double Degree Program Pascasarjana (S2) = 54 Program Double Degree
Jumlah Mitra Kerja Sama Luar Negeri Program Pascasarjana (S2) = 34 Mitra PT Luar Negeri
Produk Community Development (Program KKN)
C. Strategi Promosi
Mengikuti EduFair yang diselenggarakan baik oleh universitas mitra, KBRI, Industri, maupun assosiasi profesi.
Mengikuti program-program WUR lain (temu alumni, pertemuan-pertemuan ilmiah yang diikuti delegasi UGM, serta seminar-seminar yang diselenggarakan oleh unit-unit di UGM)
D. Luaran dan Dampak yang Diharapkan
Promosi Pendidikan di Timur Tengah, negara-negara ASEAN, dan Eropa (Spanyol) dengan menggunakan produk-produk yang sistematis dan terintegrasi.