World Class University
Program Archive

Integrasi Data Kepakaran Dosen

A. Latar Belakang

Reputasi akademik UGM menjadi salah satu hal krusial yang perlu ditingkatkan secara terus menerus, khususnya untuk menjawab tantangan dunia akademik yang semakin beragam. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan reputasi akademik UGM adalah data yang lengkap dan valid, khususnya data yang berhubungan dengan data kepakaran dosen. Dengan data kepakaran dosen yang lengkap dan ditampilkan secara profesional, diharapkan masyarakat akademik di tingkat internasional, regional, maupun nasional dengan cepat dapat memperoleh informasi tentang dosen yang diharapkan dapat bekerja sama dalam bidang Tridarma dan kelembagaan. Untuk memenuhi hal tersebut di atas, diperlukan sebuah sistem yang mampu menampilkan data kepakaran yang lengkap dan valid dengan format yang disepakati.

Selain itu, untuk melengkapi data tentang pemeringkatan universitas, khususnya QS dan THES, sistem yang ada perlu dievaluasi untuk mengetahui fitur-fitur yang perlu ditingkatkan dan diadakan, jika belum ada. Untuk itu, sistem pengelolaan data QS yang sudah ada perlu dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan terbaru.

B. Tujuan

  1. Pembuatan aplikasi yang berguna untuk mengintegrasikan data pendukung basis data keahlian dosen yang dapat dituangkan dalam bentuk CV yang profesional untuk peningkatan reputasi akademik UGM,

  2. Pembuatan website (wcu.ugm.ac.id) yang digunakan untuk publikasi program-program terkait WCU.

  3. Pengembangan QS-Simaster yang bersifat real-time, dan

  4. Sosialisasi dalam rangka perbaikan data.

C. Luaran dan Dampak yang Diharapkan

  1. Tersedianya taksonomi kepakaran di UGM

  2. Tersedianya website dan email untuk WCU UGM

  3. Tersedianya basis data kepakaran yang dapat diakses pihak eksternal

  4. Tersedianya readable CV yang dapat diakses pihak eksternal

  5. Tersedianya generasi kedua QS-Simaster yang bersifat real-time.

  6. Peningkatan validitas data untuk keperluan pemeringkatan

D. Indikator Keberhasilan dalam Hibah

  1. Terintegrasinya sistem basis data di UGM sehingga memudahkan dalam pengisian, penyimpanan, analisa, dan penyajian data.

  2. Tersedianya data yang real-time­ sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan-keputusan

  3. Tersedianya taksonomi kepakaran dosen yang dapat diakses publik

E. Pembiayaan

  1. Ahli basis data: 2 orang (1 insource dan 1 outsource)

  2. Ahli antarmuka (user interface): 1 orang (insource)

  3. Programmer: 6 orang (3 orang untuk aplikasi data kepakaran, 3 orang untuk QS-THES real time), terdiri dari 2 tenaga insource dan 4 tenaga outsource

  4. Data entry: 1 orang/fakultas

  5. Pengadaan aplikasi:

    • Aplikasi berbasis web yang mampu menampilkan data kepakaran dosen baik lewat layar maupun cetakan (PDF)

    • Aplikasi pengelolaan data untuk QS dan THES

    • Instalasi aplikasi dan data ke server

  1. Biaya jasa desain website WCU UGM dan jasa penerjemah

  2. Pelatihan-pelatihan:

    • Pelatihan penggunaan framework HMVC bagi programmer. Bagi tenaga insource  yang belum mengenal HMVC dan semua tenaga outsource. Pelatihan bertujuan untuk memperkenalkan framework HMVC yang akan digunakan dalam implementasi sistem. Pelatihan memakan waktu 3 hari dan bertempat di DSSDI.

    • Pelatihan bagi data entry operator. Pelatihan bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi kepada calon  data entry operator fakultas. Pelatihan akan dilakukan selama 1 hari bertempat di dalam/luar UGM.