World Class University
Program Archive

Penguatan Publikasi Dengan Dampak Tinggi

Penguatan dan Insentif Publikasi dengan Impact Factor Tinggi dan atau Situasi Tinggi

A. LATAR BELAKANG

Para peneliti merupakan aset yang sangat berharga yang merupakan ujung tombak bagi reputasi internasional UGM.

Kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan reputasi Universitas Gadjah Mada (UGM) menuju World Class University memerlukan strategi penelitian yang efektif dan efisien, dengan mengoptimalkan keunggulan daya saing sumber daya manusia internal universitas. Para peneliti merupakan aset yang sangat berharga yang merupakan ujung tombak bagi reputasi internasional UGM. Kebijakan terus diperbaiki tiap tahunnya guna mendorong para peneliti UGM untuk memublikasikan penelitian-penelitiannya di jurnal-jurnal berimpak faktor tinggi (high impact factor, HIF).

Tolok ukur kualitas sebuah jurnal internasional dapat dilihat dari dua kriteria utama yaitu: (1) Indeksasi pada basisdata internasional seperti Scopus dan Thompson Reuters, dan (2) Impak Faktor (IF) dari jurnal tersebut. Impak faktor adalah salah satu cara mengevaluasi kualitas jurnal yang dilakukan oleh ISI Journal Citation Reports (JCR). Indikator ini digunakan untuk mengukur kualitas sebuah jurnal, dan produktivitas penulis paper tersebut. Impak faktor membantu kita mengevaluasi kualitas jurnal, khususnya ketika membandingkan dengan jurnal lain dalam bidang yang sama. Tinggi rendahnya impak faktor berkaitan dengan jumlah sitasi dan juga reputasi dari jurnal tersebut. Impak faktor dihitung dengan membagi jumlah sitasi pada tahun sekarang pada artikel yang dipublikasi dalam dua tahun sebelumnya dengan jumlah artikel total yang dipublikasi dalam dua tahun sebelumnya.

Badan Penerbit dan Publikasi (BPP) UGM menyediakan bantuan Penguatan Publikasi Dengan Impak Faktor Tinggi bagi civitas akademika UGM. Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan gairah sivitas akademika UGM untuk mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal dengan impak faktor tinggi. Program Bantuan Penguatan Publikasi dengan Impak Faktor Tinggi ini terbuka bagi sivitas akademika UGM yang artikelnya telah disubmit di jurnal dengan impak faktor >3 tetapi belum accepted karena masih memerlukan tambahan data. Bantuan biaya untuk data tambahan atau finalisasi manuskrip ini yang kami sediakan melalui Bantuan Penguatan Publikasi dengan Impak Faktor Tinggi. Dengan kata lain Bantuan Penguatan Publikasi Dengan Impak Faktor tinggi diarahkan untuk finalisasi manuskrip yang akan diterbitkan di jurnal dengan IF > 3.

B. TUJUAN

Program penguatan dan insentif publikasi ini bermaksud untuk mendorong dan meningkatkan minat para dosen UGM untuk menulis artikel yang bermutu dan mempublikasikan dalam  jurnal dengan impak faktor tinggi (IF >3).

C. LUARAN DAN DAMPAK YANG DIHARAPKAN

Diharapkan jumlah atau proporsi publikasi di jurnal-jurnal berimpak faktor tinggi oleh para peneliti UGM meningkat secara signifikan. Proporsi sitasi per fakultas juga diharapkan meningkat dan merata. Dengan demikian, reputasi akademik UGM akan meningkat seiring dengan peningkatan jumlah atau proporsi sitasi dari publikasi tersebut.

Dengan insentif ini, diharapkan di akhir tahun 2016 terjadi peningkatan jumlah publikasi peneliti UGM yang dilakukan di jurnal-jurnal terindeks Scopus dan/atau Thompson Reuters atau secara umum pada jurnal internasional bereputasi. Di akhir 2017, diharapkan semua artikel peneliti UGM diterbitkan di jurnal-jurnal terindeks Scopus dengan IF > 3.

D. PERSYARATAN PENERIMA BANTUAN

  1. Bantuan diberikan kepada civitas akademika UGM yang memiliki manuskrip yang siap dipublikasikan dalam jurnal dengan impak faktor tinggi (IF >3) dan bukan merupakan bagian dari penelitian yang masih berjalan yang mendapat pendanaan dari Kemenristek Dikti.

  2. Melampirkan Bukti Submit Manuskrip ke Jurnal

  3. Artikel ilmiah ditulis dalam bahasa PBB (Arab, Tiongkok, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol).

  4. Pengusul adalah penulis pertama (author) atau corresponding author.

  5. Nama institusi UGM harus tercantum dalam artikel yang telah diterbitk

  6. Pengusul diperbolehkan mengusulkan lebih dari satu artikel pada satu periode kegiatan tahun anggaran.

  7. Pengusul harus mempunyai akun Scopus ID atau Author ID di Scopus aktif (dibuktikan dengan print out halaman akun Scopus ID/author ID di Scopus).

  8. Pengusul menyertakan dalam proposal Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

  9. Untuk proses transfer dana bantuan, nomor rekening yang digunakan adalah yang tercantum dalam data HRIS UGM (sistem informasi kepegawaian) apabila ada perubahan data mohon menyertakan fotocopy sampul depan buku tabungan pengusul.

  10. Proposal ditulis mengikuti pedoman (lihat Lampiran) dalam bentuk hard copy sebanyak 2 (dua) eksemplar diserahkan ke alamat berikut:

    Badan Penerbit dan Publikasi
    Universitas Gadjah Mada
    Gedung Pusat UGM Lantai 3 Sayap Barat
    Bulaksumur, Yogyakarta
    Telp. 0274 – 6491963

  11. Soft-copy file proposal beserta manuskrip ilmiah dikirim melalui email publikasi@ugm.ac.id manuskrip ilmiah diketik dengan font Times New Roman (ukuran 12) pada kertas ukuran A4 dengan jarak 2 spasi

E. INDIKATOR KEBERHASILAN DALAM HIBAH

Secara keseluruhan reputasi dan ranking akademik UGM meningkat secara signifikan. Demikian pula bagi setiap fakultas, sitasi dan publikasi yang dimuat di jurnal-jurnal berimpak faktor tinggi meningkat secara signifikan dan merata.

F. MEKANISME DAN RANCANGAN KEGIATAN

Adapun mekanisme seleksi dan evaluasi adalah sebagai berikut:

  1. Proposal akan diseleksi oleh suatu tim dan dievaluasi berdasarkan persyaratan administrasi dan kriteria penilaian yang telah ditentukan.

  2. Kriteria penilaian antara lain: Peringkat/mutu berkala ilmiah yang menerbitkan artikel atau jurnal dengan Impact factor minimal 3.

  3. Dana bantuan diberikan kepada pengusul sejumlah Rp 50.000.000,00 (Netto)

G. JADWAL PELAKSANAAN

No Uraian Kegiatan Waktu Keterangan
1
Pengajuan Proposal dan Artikel
14 Oktober 2017
2 (dua) eksemplar dengan warna sampul merah muda kertas buffalo
2
Seleksi Proposal dan Artikel
7-21 Oktober 2017
Desk evaluation

H. LAMPIRAN