Merchandize Standardization
A. Latar Belakang
Merchandise Standardization berfungsi untuk mengangkat keunggulan dan reputasi UGM baik di bidang akademik maupun industri.
Merchandise merupakan sebuah alat atau media untuk meningkatkan daya tarik, nilai jual, dan reputasi suatu institusi. Selain visibilitasnya menarik perhatian, merchandise juga akan menaikkan rasa keingintahuan mengenai UGM serta kepercayaan diri Universitas. Di samping itu, merchandise akan menciptakan rasa keinginan, brand awareness, dan loyalty. Ini merupakan bentuk pemasaran terintegrasi, yaitu melalui iklan below the line (BTL) dan above the line (ATL), yang dapat menyasar alumni, dosen dan mahasiswa UGM, dosen dan mahasiswa asing, dan masyarakat umum dengan harga terjangkau, apalagi bila distandarisasi dengan baik.
Oleh karena itu, perlu dikembangkan dengan sistematis merchandise standardization untuk mengangkat keunggulan dan reputasi UGM baik di bidang akademik maupun industri. Pengembangan merchandise dan souvenir UGM dapat diimplementasikan dalam beragam bentuk barang kreatif untuk semua level. Selain itu, perlu juga dikembangkan desain-desain berbagai cenderamata UGM yang berkualitas tinggi, berstandar internasional, berbentuk indah, dan kaya ide dalam berbagai bentuk, seperti kaos, topi, dasi, cangkir, jepit dasi, map, pen, strap, dan aneka stationeries yang lain untuk keperluan promosi dan branding.
B. Tujuan
Program merchandise standardization bertujuan untuk mengembangkan standarisasi souvenir UGM, dan menjadi dasar format yang dapat diimplementasikan ke segala bentuk merchandise, termasuk prosedur dan aturan pemanfaatan. Selain itu, program ini juga dapat menyediakan beragam model official merchandise yang dapat digunakan untuk promosi secara massif (above the line).
C. Luaran dan Dampak yang Diharapkan
Standar official merchandise UGM tercipta dan tersedia, serta disertai dengan manual pengembangan dan pemanfaatan official merchandise
Terciptanya goodwill, keinginan, brand awareness, dan loyalty yang diekspektasikan untuk mengangkat image dan kebanggaan terhadap UGM melalui tersebarnya official merchandise, baik bagi pihak internal maupun eksternal di level nasional dan internasional.
D. Indikator Keberhasilan Dalam Hibah
Dari fungsi merchandise yang terstandar, keberhasilan program ini akan meningkatkan reputasi akademik dan industri UGM. Nama dan image UGM akan semakin besar dan harum dari waktu ke waktu, dari tingat nasional ke tingkat regional dan global, dan dari berbagai segmen alumni serta masyarakat di seluruh dunia.
E. Pembiayaan, Jumlah Hibah, dan Komponen yang Dapat Dibiayai
Pembiayaan meliputi komponen-komponen berikut:
Biaya desain,
Biaya cetak,
Produksi prototipe,
Produksi massal, dan
Pembiayaan berjumlah total maksimal Rp 100.000.000,-
F. Jadwal Pelaksanaan
Program utama akan dilaksanakan hingga Desember 2016. Batas waktu ditetapkan selama 6-9 bulan, termasuk proses administrasi dan pengembangan desain dan prototipe merchandise, percetakan, kerja sama dengan pihak penyedia jasa, hingga penyediaan merchandise bagi seluruh unit di UGM. Survei secara umum terhadap merchandise juga sangat penting.