Salah satu bagian dalam Program Peningkatan Reputasi UGM Menuju World Class University, atau yang biasa disebut Program WCU, adalah Brand Equity and Reputation. Program terobosan yang akan dijalankan pada bidang ini meliputi program-program yang akan dijalankan dalam rangka Peningkatan Pengakuan Dunia serta Pendapatan Melalui Riset dan Kerjasama. Program ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan sistem percepatan pengakuan dunia, pendapatan riset, dan kerjasama riset; 2) Meningkatkan hasil-hasil karya UGM berupa kekayaan intelektual, purwarupa, dan inovasi yang diterapkan pada industri dan masyarakat; 3) Meningkatkan pendapatan melalui riset dan kerjasama.
Partisipasi dalam berbagai international summits merupakan salah satu strategi UGM dalam meningkatkan reputasi internasional. Partisipasi tersebut dipandang masih cukup efektif untuk meningkatkan reputasi. Terdapat beberapa aspek yang menjadi tujuan dalam kepesertaan ini diantaranya high-impact research advancement, alumni and network engagement, nurturing existing partnerships, dan develop thought leadership. Promosi pendidikan ke ke masyarakat internasional juga terus digiatkan melalui beberapa promosi pendidikan independen atau bekerjasama dengan mitra di luar negeri. Sebagai bagian dari “Flagship Indonesia” UGM bermaksud untuk mengintegrasikan promosi pendidikan sebagai bagian untuk mencapai World Class University.
Pada tahun 2020 UGM akan menginisiasi pembentukan Indonesia-Africa President Forum. Pembentukan forum tersebut merupakan langkah profaktif UGM dalam meningkatkan reputasi internasional UGM. Tidak hanya itu, forum tersebut direncanakan dapat semakin mengintensifkan seluruh area yang menjadi tolak ukur/indikator peringkat reputasi internasional seperti riset, publikasi, international faculty member and students, dan kontribusi aktif pada pencapaian SDGs di tingkat internasional.