PROGRAM MENDATANGKAN DOSEN/PAKAR INTERNASIONAL BERMITRA DENGAN SES JERMAN DAN PUM BELANDA
A. LATAR BELAKANG
Sesuai Kebijakan Umum UGM tahun 2012-2037, UGM telah menetapkan misi untuk menjadi pemimpin perguruan tinggi yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan yang dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila. Misi tersebut diharapkan dapat tercapai pada fase kepemimpinan tahun 2032-2037.
Peningkatan reputasi perguruan tinggi bertaraf internasional, misalnya melalui QS World University Ranking, THE (Times Higher Education) University Ranking, dan/atau metode pemeringkatan yang lain yang telah diakui dunia internasional dapat menjadi salah satu alat ukur untuk perbaikan proses-proses yang berjalan di dalam UGM. Dengan demikian, peningkatan reputasi UGM melalui pemeringkatan universitas-universitas di dunia tersebut secara tidak langsung bersesuaian dengan misi yang telah ditetapkan UGM untuk memimpin dan menjadi pelopor perguruan tinggi. Dengan kata lain, peningkatan reputasi UGM di dunia internasional juga merupakan indikator yang penting dalam pencapaian misi UGM, terutama untuk menjamin bahwa proses yang berjalan di UGM sesuai dengan standar internasional.
Selaras dengan hal tersebut, internasionalisasi di UGM menjadi tolok ukur yang penting, dalam kaitannya dengan visibility UGM di dunia internasional yang ditandai dengan jumlah ahli/profesor internasional yang turut menjadi bagian proses akademik di UGM, jumlah mahasiswa internasional yang memilih menempuh pendidikannya di UGM, dan yang tidak kalah penting adalah kontribusi UGM dalam pengembangan pengetahuan dunia. Untuk mencapai kondisi tersebut, pengembangan atmosfer akademik yang berstandar internasional dan mendorong produktivitas untuk bidang-bidang keilmuan unggulan agar mendunia perlu dilakukan.
Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan memfasilitasi Departemen-departemen, Fakultas/Sekolah, Pusat Studi, Direktorat, Pusat, dan unit lain yang relevan di lingkungan UGM yang siap menerima profesor/pakar/ profesional/peneliti internasional untuk melakukan penelitian dan publikasi bersama, menjadi dosen tamu, menjadi penasihat ahli untuk pengembangan kualitas akademik, technical assistance, dan mendampingi publikasi dosen dan mahasiswa. Di samping itu, undangan profesor/pakar/profesional/peneliti internasional diharapkan berpengaruh signifikan terhadap indikator pemeringkatan QS, THE, atau pemeringkatan lainnya terutama yang terkait dengan jumlah dosen internasional (international faculty members), publikasi internasional dan sitasi (citation per faculty dan citation per paper), serta reputasi akademik UGM secara umum.
Oleh karena itu, maka dikembangkan kerjasama UGM dan SES dalam skema: Peningkatan Reputasi Akademik Universitas Gadjah Mada Melalui Program Mendatangkan Profesor/Expert Internasional Bermitra Senior Experten Services (Jerman) dan PUM (Netherland) untuk dimanfaatkan oleh Departemen-departemen, Fakultas/Sekolah, Direktorat, Pusat, Pusat Studi, dan unit lain yang relevan di lingkungan UGM.
B. LUARAN DAN DAMPAK
Tujuan program Peningkatan Reputasi Akademik Universitas Gadjah Mada Melalui Program Mendatangkan Profesor/Expert Internasional Internasional Bermitra Senior Experten Services (Jerman) dan PUM (Netherland) adalah:
1. Meningkatkan jumlah dosen internasional, publikasi internasional dan sitasi, serta reputasi akademik UGM.
2. Memberikan insentif/hibah untuk pengembangan Departemen-departemen, Fakultas/Sekolah, Direktorat, Pusat, Pusat Studi, dan unit lain yang relevan di lingkungan UGM, dengan undangan untuk mendatangkan profesor/pakar/profesional/peneliti internasional.
3. Mendorong pengembangan riset dan technical assistance di Departemen-departemen, Fakultas/Sekolah, Direktorat, Pusat, Pusat Studi, dan unit lain, melalui undangan untuk mendatangkan professor/expert internasional.
Keluaran dan dampak yang diharapkan dari program ini adalah:
Peningkatan jumlah dosen internasional yang datang/bertugas di Departemen/Fakultas/Direktorat/Pusat/Pusat Studi, dsb. untuk:
melakukan penelitian dan publikasi bersama,
menjadi dosen tamu,
menjadi penasihat ahli untuk peningkatan kemampuan dosen, peningkatan manajemen organisasi, pertukaran pengetahuan, asisten/inkubator bisnis,
mendampingi publikasi dosen dan mahasiswa, termasuk reviewer manuskrip/membuat publikasi/narasumber penelitian dan publikasi,
mengembangkan skema-skema joint research/publication, joint/double degree,
program lain sesuai kebutuhan Departemen/Fakultas/Direktorat/Pusat/Pusat Studi untuk perbaikan proses organisasi dan peningkatan reputasi akademik.
Pengembangan sistem, proses, maupun standard di UGM yang dapat meliputi (tetapi tidak terbatas pada) pengembangan museum, arboretum, laboratorium, perpustakaan, pusat-pusat inovasi, pusat-pusat inkubasi, rumah sakit dan pusat pelayanan kesehatan, sistem basis data, perangkat, dan sebagainya.
Peningkatan reputasi bidang-bidang unggulan di UGM melalui Internasionalisasi Akademik.
Peningkatan jumlah publikasi internasional terindeks dan peningkatan sitasi karya-karya UGM.
- Peningkatan jumlah artikel ilmiah yang ditulis bersama atau yang disitasi;
- Peningkatan reputasi akademik UGM dan jumlah dosen internasional di UGM.
C. SKEMA, MEKANISME DAN RANCANGAN KEGIATAN
1. Skema A: Dosen/Expert Internasional Bermitra Senior Experten Services (SES) Jerman
a. Fakultas/Sekolah/Direktorat/Pusat/Pusat Studi serta unit lain memetakan kebutuhan akan kehadiran dosen/ahli/profesor internasional yang diperlukan untuk pengembangan organisasi dan peningkatan reputasi akademik.
b. Fakultas/Sekolah/Direktorat/Pusat/Pusat Studi mengidentifikasi unit yang siap untuk melakukan kolaborasi internasional termasuk mengidentifikasi kebutuhan spesifikasi pakar atau ahli yang diperlukan.
c. Fakultas/Sekolah/Direktorat/Pusat/Pusat Studi yang telah memiliki mitra di Jerman dapat juga mengundang mitra tersebut setelah berkomunikasi dengan Senior Experten Services (SES) Jerman.
d. Fakultas/Sekolah/Direktorat/Pusat/Pusat Studi menetapkan PIC (Person in Charge), mengisi dan mengirimkan format aplikasi resmi yang telah disediakan oleh Senior Experten Services (SES) Jerman dan mengirimkan ke Universitas melalui email Tim World Class University (wcu@ugm.ac.id).
e. Senior Experten Services (SES) Jerman mencarikan dosen/ahli/profesor internasional yang sesuai dengan bidang/keahlian yang telah dipetakan oleh Fakultas/Sekolah/Direktorat/Pusat/Pusat Studi. Setelah terjadi komunikasi dan kesepakatan dosen/ahli/profesor internasional yang sesuai, maka Pihak SES akan mengirimkan kontrak kerjasama. Tim WCU berkoordinasi dengan PIC untuk proses tanda tangan kontrak kerja dan pencairan dana kegiatan.
f. Universitas memfasilitasi kedatangan dan keberadaan dosen/ahli/profesor internasional di UGM. Di samping itu, Universitas membantu kemitraan dengan Senior Experten Services (SES) Jerman akan berjalan sesuai harapan.
g. Fakultas/Sekolah/Direktorat/Pusat/Pusat Studi melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja unit dan dosen/ahli/profesor internasional, dikoordinasikan oleh Universitas melalui Tim World Class University.
h. Fakultas/Sekolah/Direktorat/Pusat/Pusat Studi melaporkan data dan aktivitas yang dilakukan ke Universitas untuk dikembangkan bersama menjadi laporan institusi dan dasar pengembangan program ke depan.
2. Skema B: Dosen/Expert Internasional Bermitra PUM Netherland
a. Fakultas/Sekolah/Direktorat/Pusat/Pusat Studi serta unit lain memetakan kebutuhan akan kehadiran dosen/ahli/profesor internasional yang diperlukan untuk pengembangan organisasi dan peningkatan reputasi akademik.
b. Fakultas/Sekolah/Direktorat/Pusat/Pusat Studi mengidentifikasi unit yang siap untuk melakukan kolaborasi internasional termasuk mengidentifikasi kebutuhan spesifikasi pakar atau ahli yang diperlukan.
c. Fakultas/Sekolah/Direktorat/Pusat/Pusat Studi menetapkan PIC (Person in Charge), mengisi dan mengirimkan format aplikasi resmi yang telah disediakan oleh PUM Netherland dan mengirimkan ke PUM (pum.yogyakarta@yahoo.com) dan cc Tim World Class University (wcu@ugm.ac.id).
d. Universitas memfasilitasi kedatangan dan keberadaan dosen/ahli/profesor internasional di UGM. Di samping itu, Universitas membantu kemitraan dengan PUM Netherland akan berjalan sesuai harapan.
e. Fakultas/Sekolah/Direktorat/Pusat/Pusat Studi melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja unit dan dosen/ahli/profesor internasional, dikoordinasikan oleh Universitas melalui Tim World Class University.
f. Fakultas/Sekolah/Direktorat/Pusat/Pusat Studi melaporkan data dan aktivitas yang dilakukan ke Universitas untuk dikembangkan bersama menjadi laporan institusi dan dasar pengembangan program ke depan.
D. TEKNIS
1. Fasilitas Oleh Universitas Melalui Dana WCU
Fasilitas pendanaan yang diberikan oleh Universitas melalui dana WCU dicairkan ke rekening PIC melalui kontrak antara Kepala Kantor Jaminan Mutu dan PIC dari Fakultas/Sekolah/Direktorat/Pusat/Pusat Studi dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Pembiayaan akomodasi dan transportasi lokal dosen/ahli/profesor internasional selama berkegiatan yaitu maksimal Rp800.000,00 per hari (maksimal 1 bulan). Pembiayaan akomodasi dan transportasi lokal tidak diperkenankan untuk pembayaran fasilitas milik unit pelaksana atau fasilitas milik perorangan di unit pelaksana. Jika terdapat sisa dana dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan lain yang relevan dengan kegiatan.
b. Uang saku harian dosen/ahli/profesor internasional selama berkegiatan yaitu Rp300.000 per hari (maksimal 1 bulan).
c. Insentif untuk PIC (Person in Charge) / LO (Liaison Officer) dari Fakultas/Sekolah/Direktorat/Pusat/Pusat Studi yang menjadi host mengacu pada SBU yang berlaku pada saat program berjalan yaitu Rp 300.000,00 per hari (maksimal 10 hari) selama keberadaan dosen/ahli/profesor internasional di unit terkait. Khusus untuk insentif PIC dicairkan setelah kegiatan selesai.
d. Setelah kegiatan selesai, Fakultas/Sekolah/Direktorat/Pusat/Pusat Studi wajib mengumpulkan laporan dan dokumen kegiatan (daftar hadir harian expert dan PIC, bukti penerimaan uang saku harian, nota akomodasi/transportasi lokal dan nota lain yang relevan dengan kegiatan) dalam bentuk soft file ke email wcu@ugm.ac.id.
2. Fasilitas Oleh Mitra (SES dan PUM)
a. Tiket PP pesawat
b. Biaya pengurusan visa, asuransi, dan sebagainya untuk pakar yang akan didatangkan
3. Kebutuhan untuk kegiatan diluar fasilitas Universitas dan Mitra ditanggung oleh Fakultas/Sekolah/Direktorat/Pusat/Pusat Studi
Pakar PUM secara sukarela berbagi saran mereka dengan pengusaha lokal dan individu lain yang bekerjasama dengan mereka. Sekitar 1.600 ahli PUM adalah sukarelawan. Setiap tahun para ahli berbagi pengetahuan dan pengalaman di 42 sektor berbeda dengan sekitar 1.600 UKM. 180 perwakilan PUM tersebar di 34 negara di seluruh dunia. PUM berbasis di Den Haag, Belanda, di mana 50 staf tetap dan 80 staf sukarela bersama-sama menjalankan operasi PUM.
Resume para ahli PUM yang pernah berbagi di Indonesia dapat dilihat pada tautan berikut: Resume PUM Experts
Informasi terbaru tentang yang dilakukan para ahli PUM dapat dilihat pada tautan berikut: PUM News
Referensi sektor yang dapat didampingi oleh expert dari PUM meliputi namun tidak terbatas pada beberapa sektor berikut:
A. Industry, Trade, & Environment
Building & Construction
a. Building
Trade
a. Trade & Supply Chain Management
Chemical & Synthetic Materials
a. Chemical Technology & Fine Chemicals
b. Inorganic Materials, Industry Glass & Ceramics
c. Pints, Ink & Lacquer
d. Pharmaceutical, Herbal & Cosmetic Products
e. Plastic & Rubber Industries
Energy, Water, Waste & Environment
a. Energy
b. Waste & Environment
c. Water
Metal
a. Metal
Textile & Leather
a. Leather Industry & Consumer Goods
b. Textile Industry & Consumer Products
B. Health, Hospitality, & Educational Institutes
Educational Institutes
a. Educational Institutes
Health Care
a. Health Care Service
Tourism & Hospitality
a. Tourism & Recreational Services
b. Hotel, Restaurants & Catering
c. Education
C. SME Business Support Centre
Business Consultancy
a. Accountancy & Financial Management Consultancy
b. Management Consultancy
c. HRM Consultancy
d. Marketing Consultancy
e. Business Support Organisations (Chamber/Associations/Federations)
f. Incubators
D. Food Security
Agri & Holticulture
a. Horticulture: Vegetables & Fruits
b. Horticulture: Vegetables & Fruitys, Green & Glasshouses
c. Horticulture: Floers & Ornamental Plants
d. Agriculture: Arable Farming & Forestry
e. Agriculture: Tropical Products
Animal Production, Beekeeping, & Fisheries
a. Animal Feed Production
b. Dairy & Beef Cattle, Sheep & Goat Production
c. Poultry Farming
d. Pig Farming
e. Beekeeping
f. Fisheries: Aquaculture & Fish Processing
Food & Beverages Production
a. Milk Processing & Products
b. Food & Beverages Processing
c. Bakery: Bread, Pastry & Confectionary
d. Meat Processing