World Class University
Research and Academic

TWIN CENTER & UNESCO CHAIR

A. LATAR BELAKANG

Dalam era yang semakin terbuka, disruptif, dan tanpa batas sekarang ini, peneliti selain dituntut untuk senantiasa menghasilkan karya secara mandiri juga dituntut untuk dapat melakukan kerjasama penelitian dengan peneliti lainnya di dalam dan di luar negeri sehingga penelitian yang dilakukan dapat lebih komprehensif, dan diharapkan mampu mendorong dan memperkuat terjadinya kolaborasi dengan para peneliti di luar negeri dalam posisi yang setara, seimbang, dan kontributif. Hal ini dipandang perlu mengingat begitu cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersifat lintasdisiplin, sehingga kerjasama penelitian atau penelitian kolaboratif diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas penelitian dan pada akhirnya dapat meningkatkan sumbangsih dari para peneliti Indonesia dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dunia.

Universitas Gadjah Mada memiliki pusat-pusat unggulan baik di level Fakultas maupun Universitas yang telah memiliki rekam jejak yang baik dalam membangun reputasi akademik, memiliki jejaring yang luas, dan memiliki karya-karya akademik yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat. Meskipun dalam beberapa tahun terakhir ini telah banyak dibuat nota kesepahaman atau MoU (Memorandum of Understanding) dalam bidang penelitian antara UGM dengan mitra perguruan tinggi, industri, pemerintah, maupun lembaga-lembaga internasional, namun realisasi di lapangan dalam menindaklanjuti MoU tersebut belum signifikan, baik dari sisi kuantitas karya-karya akademik maupun kualitas, serta belum memiliki dampak signifikan karena belum direncanakan, dilaksanakan, dievaluasi, dan dikembangkan dalam suatu sistem yang terintegrasi. Di sisi lain UGM kaya akan karya- karya dan pendekatan-pendekatan akademik. Oleh karena itu, diperlukan suatu lompatan sistem agar kontribusi UGM semakin dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia dan masyarakat internasional.

Program Pengembangan Jejaring Riset Internasional Menuju Pencapaian SDGs (Sustainable Develoment Goals) Melalui Percepatan Pendirian Twin Center dan/atau UNESCO Chairs dikembangkan sebagai alat untuk melakukan lompatan sistem untuk mewujudkan research excellence dan meningkatkan kontribusi UGM di masyarakat.

Program Twin Center & UNESCO Chair merupakan program pemandatan (non seleksi). Meskipun demikian proposal program tetap melalui proses review untuk meningkatkan kualitas dan capaian program.

B. APLIKASI

Pelaksanaan Program Twin Center & UNESCO Chair pada tahun 2020 saat ini BELUM DIMULAI. Informasi lebih lanjut tentang program ini akan segera dimuat pada laman ini dan pada website Direktorat Penelitian.