World Class University
Faculty Member Development

PENINGKATAN REPUTASI AKADEMIK UNIVERSITAS GADJAH MADA PROGRAM INTERNATIONAL VISITING SCHOLAR BERMITRA DENGAN SENIOR EXPERTEN SERVICES (JERMAN)

A. LATAR BELAKANG

Serupa dengan Program International Visiting Scholars melalui Kerja Sama untuk Seminar Internasional yang Disetujui oleh Badan Penerbit dan Publikasi (IVS BPP), IVS SES merupakan program yang memfasilitasi Departemen-departemen, Fakultas, Pusat Studi, Direktorat, Pusat, dan unit lain yang relevan di lingkungan UGM yang siap menerima profesor/pakar/ profesional/peneliti internasional untuk melakukan penelitian dan publikasi bersama, menjadi dosen tamu, menjadi penasihat ahli untuk pengembangan kualitas akademik, dan mendampingi publikasi dosen dan mahasiswa.

Undangan profesor/pakar/profesional/peneliti internasional diharapkan berpengaruh signifikan terhadap indikator pemeringkatan QS, THE, atau pemeringkatan lainnya terutama yang terkait dengan jumlah dosen internasional (international faculty members), sitasi (citation per faculty dan citation per paper), serta reputasi akademik UGM secara umum. Selaras dengan hal tersebut, internasionalisasi di UGM menjadi tolok ukur yang penting, dalam kaitannya dengan visibility UGM di dunia internasional yang ditandai dengan jumlah ahli/profesor internasional yang turut menjadi bagian proses akademik di UGM, jumlah mahasiswa internasional yang memilih menempuh pendidikannya di UGM, dan yang tidak kalah penting adalah kontribusi UGM dalam pengembangan pengetahuan dunia.

Sejak tahun 2016, UGM bekerjasama dengan SES mengembangkan program kerjasama dalam skema Program Mendatangkan Profesor dan Peneliti Internasional Bermitra dengan Senior Experten Services (Jerman) untuk dimanfaatkan oleh Departemen-departemen, Fakultas, Direktorat, Pusat, Pusat Studi, dan unit lain yang relevan di lingkungan UGM. SES merupakan suatu lembaga yang berdiri pada tahun 1983 dengan dukungan penuh dari Kementerian Kerjasama Luar Negeri Jerman (BMZ) serta memiliki representasi di 90 negara. Lembaga SES setiap tahun sejak berdirinya telah mengirimkan 4.500 tenaga ahli ke seluruh dunia. Pengiriman tenaga ahli dari Jerman ke seluruh dunia ini merupakan bentuk komitmen Jerman dalam kemitraan strategis ABG (Academic-Business-Government).

B. APLIKASI

Aplikasi pendaftaran Program Mendatangkan Profesor dan Peneliti Internasional Bermitra dengan Senior Experten Services (Jerman) pada tahun 2020 saat ini BELUM DIBUKA dikarenakan situasi pandemi yang belum mereda dan sesuai dengan Surat Edaran Rektor UGM Nomor 1285/UN1.P/SET-SR/TR/2020 tentang Kewaspadaan Dini Terkait COVID-19 yang salah satu poinnya adalah terkait penundaan perjalanan luar negeri dan menangguhkan acara yang melibatkan tamu-tamu dari luar negeri baik mahasiswa maupun dosen/expert asing hingga situasi aman dari sisi kesehatan.