World Class University
Faculty Member Development

PENINGKATAN REPUTASI AKADEMIK UNIVERSITAS GADJAH MADA MELALUI PROGRAM MENDATANGKAN DOSEN INTERNASIONAL BERMITRA DENGAN PROGRAMMA UITZENDING MANAGERS (BELANDA) BERBASIS REMOTE COACHING

A. LATAR BELAKANG

Sesuai Kebijakan Umum UGM tahun 2012-2037, UGM telah menetapkan misi untuk menjadi pemimpin perguruan tinggi yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan yang dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila. Misi tersebut diharapkan dapat tercapai pada fase kepemimpinan tahun 2032-2037.

Peningkatan reputasi perguruan tinggi bertaraf internasional, misalnya melalui QS World University Ranking, THE (Times Higher Education) University Ranking, dan/atau metode pemeringkatan yang lain yang telah diakui dunia internasional dapat menjadi salah satu alat ukur untuk perbaikan proses-proses yang berjalan di dalam UGM. Dengan demikian, peningkatan reputasi UGM melalui pemeringkatan universitas-universitas di dunia tersebut secara tidak langsung bersesuaian dengan misi yang telah ditetapkan UGM untuk memimpin dan menjadi pelopor perguruan tinggi. Dengan kata lain, peningkatan reputasi UGM di dunia internasional juga merupakan indikator yang penting dalam pencapaian misi UGM, terutama untuk menjamin bahwa proses yang berjalan di UGM sesuai dengan standar internasional.

Selaras dengan hal tersebut, internasionalisasi di UGM menjadi tolok ukur yang penting, dalam kaitannya dengan visibility UGM di dunia internasional yang ditandai dengan jumlah ahli/profesor internasional yang turut menjadi bagian proses akademik di UGM, jumlah mahasiswa internasional yang memilih menempuh pendidikannya di UGM, dan yang tidak kalah penting adalah kontribusi UGM dalam pengembangan pengetahuan dunia. Untuk mencapai kondisi tersebut, pengembangan atmosfer akademik yang berstandar internasional dan mendorong produktivitas untuk bidang-bidang keilmuan unggulan agar mendunia perlu dilakukan.

Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan memfasilitasi Departemen-departemen, Fakultas, Pusat Studi, Direktorat, Pusat, dan unit lain yang relevan di lingkungan UGM yang siap menerima profesor/pakar/ profesional/peneliti internasional untuk melakukan penelitian dan publikasi bersama, menjadi dosen tamu, menjadi penasihat ahli untuk pengembangan kualitas akademik, dan mendampingi publikasi dosen dan mahasiswa. Di samping itu, undangan profesor/pakar/profesional/peneliti internasional diharapkan berpengaruh signifikan terhadap indikator pemeringkatan QS, THE, atau pemeringkatan lainnya terutama yang terkait dengan jumlah dosen internasional (international faculty members), sitasi (citation per faculty dan citation per paper), serta reputasi akademik UGM secara umum.

Berdasarkan MoU bersama Programma Uitzending Managers (Belanda), maka dikembangkan kerjasama dalam skema: Peningkatan Reputasi Akademik Universitas Gadjah Mada Melalui Program Mendatangkan Profesor dan Peneliti Internasional Bermitra dengan Programma Uitzending Managers (Belanda) untuk dimanfaatkan oleh Departemen-departemen, Fakultas, Direktorat, Pusat, Pusat Studi, dan unit lain yang relevan di lingkungan UGM.

Kerjasama akademik dengan PUM ini merupakan salah satu dari upaya-upaya yang dirintis dalam konteks program peningkatan reputasi dan kontribusi UGM menuju World Class University, melalui pemanfaatan profesor/pakar/profesional/peneliti internasional untuk datang dan terlibat dalam aktivitas Tridharma di UGM.

B. LUARAN DAN DAMPAK

Tujuan program Peningkatan Reputasi Akademik Universitas Gadjah Mada Melalui Program Mendatangkan Profesor dan Peneliti Internasional Bermitra dengan Programma Uitzending Managers (Belanda) Berbasis Remote Coaching adalah:

  1. Meningkatkan jumlah dosen internasional, publikasi internasional dan sitasi, serta reputasi akademik UGM.

  2. Memberikan insentif/hibah untuk pengembangan Departemen-departemen, Fakultas, Direktorat, Pusat, Pusat Studi, dan unit lain yang relevan di lingkungan UGM, dengan undangan untuk mendatangkan profesor/pakar/profesional/peneliti internasional bermitra dengan Programma Uitzending Managers (Belanda) berbasis remote coaching.

  3. Mendorong pengembangan riset dan technical assistance di Departemen-departemen, Fakultas, Direktorat, Pusat, Pusat Studi, dan unit lain, melalui undangan untuk mendatangkan profesor dan peneliti internasional bermitra dengan Programma Uitzending Managers (Belanda) remote coaching.

Keluaran dan dampak yang diharapkan dari program ini adalah:

  1. Peningkatan jumlah dosen internasional yang datang/bertugas di Departemen/Fakultas/Direktorat/Pusat/Pusat Studi, dsb. untuk:

    1. melakukan penelitian dan publikasi bersama,

    2. menjadi dosen tamu,

    3. menjadi penasihat ahli untuk peningkatan kemampuan dosen, peningkatan manajemen organisasi, pertukaran pengetahuan, asisten/inkubator bisnis,

    4. mendampingi publikasi dosen dan mahasiswa, termasuk reviewer manuskrip/membuat publikasi/narasumber penelitian dan publikasi,

    5. mengembangkan skema-skema joint research/publication, joint/double degree,

    6. program lain sesuai kebutuhan Departemen/Fakultas/Direktorat/Pusat/Pusat Studi untuk perbaikan proses organisasi dan peningkatan reputasi akademik.

  2. Pengembangan sistem, proses, maupun standard di UGM yang dapat meliputi (tetapi tidak terbatas pada) pengembangan museum, arboretum, laboratorium, perpustakaan, pusat-pusat inovasi, pusat-pusat inkubasi, rumah sakit dan pusat pelayanan kesehatan, sistem basis data, perangkat, dan sebagainya.

  3. Peningkatan reputasi bidang-bidang unggulan di UGM melalui Internasionalisasi Akademik.

  4. Peningkatan jumlah publikasi internasional terindeks dan peningkatan sitasi karya-karya UGM.

Peningkatan jumlah artikel ilmiah yang ditulis bersama atau yang disitasi;

  1. Peningkatan reputasi akademik UGM dan jumlah dosen internasional di UGM.

C. MEKANISME

  1. Fakultas/Direktorat/Pusat/Pusat Studi serta unit lain memetakan kebutuhan akan kehadiran dosen/ahli/profesor internasional yang diperlukan untuk pengembangan organisasi dan peningkatan reputasi akademik.

  2. Fakultas/Direktorat/Pusat/Pusat Studi yang telah memiliki mitra di Belanda dapat juga mengundang mitra tersebut dengan sebelumnya telah berkomunikasi dengan mitra yang dimaksud.

  3. Fakultas/Direktorat/Pusat/Pusat Studi mengidentifikasi unit yang siap untuk melakukan kolaborasi internasional termasuk mengidentifikasi kebutuhan spesifikasi pakar atau ahli yang diperlukan.

  4. Fakultas/Direktorat/Pusat/Pusat Studi mengisi formulir resmi yang telah disediakan oleh PUM dan mengirimkan ke PUM (pum.yogyakarta@yahoo.com) dan cc Tim World Class University (wcu@ugm.ac.id).

  5. Universitas memfasilitasi pelaksanaan visiting scholars internasional di UGM. Di samping itu, Universitas membantu kemitraan dengan PUM akan berjalan sesuai harapan.

  6. Fakultas/Direktorat/Pusat/Pusat Studi melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja unit dan visiting scholars internasional, dikoordinasikan oleh Universitas melalui Tim World Class University.

  7. Fakultas/Direktorat/Pusat/Pusat Studi melaporkan data dan aktivitas yang dilakukan ke Universitas untuk dikembangkan bersama menjadi laporan institusi dan dasar pengembangan program ke depan.

D. TEKNIS

Fasilitas yang Diberikan

a. Oleh Universitas Melalui Dana WCU:

    1. Insentif untuk Tim Pelaksana dari Fakultas/Direktorat/Pusat/Pusat Studi yang menjadi host (termasuk LO) bagi dosen/ahli/profesor internasional mengacu pada SBU yang berlaku pada saat program berjalan di tahun 2020 yaitu Rp 300.000,00 perhari (maksimal 10 hari) sehingga total Rp 3.000.000,00 (Bruto) selama keberadaan dosen/ahli/profesor internasional di unit terkait.

Aplikasi:

  1. Fakultas/Direktorat/Pusat/Pusat Studi mengisi formulir resmi yang telah disediakan oleh PUM dan mengirimkan ke PUM (pum.yogyakarta@yahoo.com) dan cc Tim World Class University (wcu@ugm.ac.id).

  2. Fakultas/Direktorat/Pusat/Pusat Studi mengirimkan nama PIC (Person in Charge) yang akan berkoordinasi dengan Tim WCU.

E. JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN

Tanggal Uraian Kegiatan
Sepanjang Tahun 2020
Pengisian dan Pengumpulan Formulir oleh Fakultas/Direktorat/Pusat/Pusat Studi dan Pengusulan PIC
1 Januari – 31 Desember 2020
Proses Pelaksanaan Kegiatan, Monitoring, dan Evaluasi, termasuk untuk kedatangan dosen/ahli/profesor internasional

F. LAMPIRAN