World Class University
Faculty Member Development

PENINGKATAN REPUTASI AKADEMIK UNIVERSITAS GADJAH MADA PROGRAM INTERNATIONAL VISITING SCHOLAR BADAN PUSAT PENERBIT

A. LATAR BELAKANG

Salah satu upaya dalam mendukung peningkatan reputasi internasional UGM ialah dengan meningkatkan visibility UGM di dunia internasional yang salah satunya ditandai dengan jumlah ahli/profesor tamu dari luar negeri yang turut menjadi bagian dalam proses akademik di UGM. Untuk mencapai kondisi tersebut, pengembangan atmosfer akademik bertaraf internasional dan upaya peningkatan produktivitas untuk berbagai bidang keilmuan unggulan perlu dilakukan. Salah satu cara yang dapat ditempuh ialah dengan memberikan fasilitas pada setiap program studi, departemen, fakultas, sekolah, pusat studi, dan unit kerja lain yang relevan di lingkungan UGM untuk mendatangkan international scholars dalam rangka kegiatan akademik. Kegiatan international scholars tersebut antara lain: 1) menjadi pembicara utama pada konferensi sekaligus melakukan penelitian serta publikasi Bersama; 2) menyelenggarakan workshop bersama, 3) menjadi dosen tamu; 4) menjadi penasihat ahli untuk pengembangan pusat riset, laboratorium dan pengembangan kualitas akademik; serta 5) memberikan pendampingan publikasi bagi dosen dan mahasiswa di UGM.

Program International Visiting Scholars melalui Kerja Sama untuk Seminar Internasional yang Disetujui oleh Badan Penerbit dan Publikasi dapat dimanfaatkan oleh setiap program studi, departemen, fakultas, sekolah, pusat studi, dan unit kerja lain yang relevan di lingkungan UGM untuk mendatangkan international scholars dalam rangka kegiatan akademik. Kerja sama akademik ini merupakan salah satu upaya yang dirintis UGM untuk meningkatkan reputasi dan kontribusi UGM menuju World Class University, melalui pemanfaatan profesor/pakar/professional/peneliti tamu dari luar negeri yang datang dan terlibat dalam aktivitas Tridharma di UGM.

B. APLIKASI

Aplikasi pendaftaran Program International Visiting Scholars melalui Kerja Sama untuk Seminar Internasional yang Disetujui oleh Badan Penerbit dan Publikasi pada tahun 2020 saat ini DIBATALKAN dikarenakan situasi pandemi yang belum mereda dan sesuai dengan Surat Edaran Rektor UGM Nomor 1285/UN1.P/SET-SR/TR/2020 tentang Kewaspadaan Dini Terkait COVID-19 yang salah satu poinnya adalah terkait penundaan perjalanan luar negeri dan menangguhkan acara yang melibatkan tamu-tamu dari luar negeri baik mahasiswa maupun dosen/expert asing hingga situasi aman dari sisi kesehatan.

Meskipun demikian gambaran teknis Program International Visiting Scholars melalui Kerja Sama untuk Seminar Internasional yang Disetujui oleh Badan Penerbit dan Publikasi informasi dapat diakses pada tautan berikut: https://publikasi.ugm.ac.id/id/program-international-visiting-scholars-melalui-kerja-sama-untuk-seminar-internasional-2020/